www.opulsa.com

MRTG Untuk Monitoring Jaringan

MRTG Untuk Monitoring Jaringan ~ Multi Router Traffic Graph (MRTG) adalah suatu program yang digunakan untuk mengumpulkan informasi-informasi SNMP dari beberapa router, diolah datanya menjadi log-log dan ditampilkan dalam bentuk grafik.

Gambar grafik tersebut disajikan di dalam halaman web dan dapat diakses dari browser apapun. Dikarenakan MRTG berbasis SNMP, pada dasarnya anda dapat menampilkan grafik untuk segala perangkat dan service yang di-support oleh SNMP. Tetapi apabila SNMP anda tidak berfungsi maka grafik juga tidak bisa ditampilkan oleh MRTG.

MRTG akan membuat grafik secara berkala per hari, per minggu, per bulan dan per tahun, sehingga anda dapat mendapat gambaran atas jaringan anda. Tetapi MRTG hanya mengumpulkan data dan mengolah grafik, bukan untuk memberikan peringatan.

MRTG juga bergantung terhadap web server, karena grafik ditampilkan dalam suatu website. Anda bisa gunakan webserver apa saja yang anda kehendaki untuk menampilkan grafik tersebut.

Demikian MRTG Untuk Monitoring jaringan yang sempat saya bahas pada akrtikel kali ini, semoga membantu teman-teman yang membutuhkan referensi ini.
Share on :
Bookmark and Share
| January 18, 2013 | 0 Komentar

0 Komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik, Mari kita Jalin Tali Silaturrahmi yang erat sesama blogger dan Pembaca Setia Agungjie's Blogs
dan Terima Kasih telah Berkomentar.