www.opulsa.com

Cyber Open Source (COS) STMIK AKBA

Cyber Open Source (COS) STMIK AKBA ~ Cyber Open Source merupakan satu-satunya Organisasi kemahasiswaan yang bergerak dibidang IT selaras dengan background STMIK AKBA yaitu Sekolah Tinggi Managemen Ilmu Komputer. Berdiri pada tanggal 9 Maret 2009 yang dipelopori oleh dua mahasiswa, hingga kini organisasi ini tak henti-hentinya mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Organisasi ini lebih fokus pada pembahasan dan keterampilan seputar dunia Open Source yang artinya mereka lebih cenderung mempelajari sistem operasi yang berbasis free. Karena berbagai faktor kekurangan sistem operasi yang berbasis Close Source mungkin juga karena faktor kebosanan menggunakan sistem operasi yang itu-itu saja makanya para founder lebih memilih fokus ke Open Source. Melihat peluang yang begitu besar disistem operasi ini, selain jarang yang menggunakannya alias minoritas dikalangan akademis akan tetapi sangat mujarap didunia kerja. Dari itulah Open source, linux dan sederetan distro lainnya layak dikembangkan dan digunakan oleh seluruh mahasiswa. Dengan niat meng-Open Source-kan kampus didirikanlah organisasi bernama Cyber Open Source yang akan mengabdi pada setiap mahasiswa yang berniat mendalami sistem Operasi ini serta “Mengembangkan Kreatifitas dan intelektual agar menjadi sumber daya manusia yang cerdas dan produktif dalam bidang teknologi informasi yang berbasis free open source”.

Organisasi yang mulai meranjak di usianya ke -4 telah mengkader sedikitnya setahun sekali lepasan DIKLAT untuk membimbing para calon penerus tongkat estapet kepengurusan organisasi. Sikap loyal dan penuh tanggungjawab sangat tertanam pada setiap kadernya, hingga dalam melaksanakan even-even tidak terjadi kecemburuan tanggungjawab. 

Dengan bermottokan “open your mind for change the future with open source” (buka pikiranmu untuk mengubah masa depan dengan open source), para anggotanya diwajibkan berhijrah dari sistem operasi yang mayoritas alias jendela ke open source. Hal ini sangat penting secara judul organisasinya saja open source masa pake jendela. Apapun distro atau varian dari open source yang digunakan sangat didukung oleh para pembimbing bahkan semakin beranekaragam malah semakin baik. Mereka dapat bertukar pengalaman menggunakan sistem operasi yang berbeda, secara setiap varian dari open source memiliki kelebihan, kekurangan, dan tingkat kesulitan yg berbeda-beda. Untuk para pemula tidak dianjurkan langsung berhijrah akan tetapi mereka boleh menggunakan sistem dualboot. Kalo ditelaah lebih organisasi ini meng-Indonesia banget, Bhineka Tunggal Ika yang artinya bermacam-macam varian atau distro tetap Open Source.

Para anggota juga diberi nama unik yang berhubungan dengan Open Source hal ini agar mereka terbiasa dan mau berusaha mencari tahu arti nama mereka. Dengan bagitu secara tidak langsung mereka telah belajar. Dalam proses pembelajaran mereka dibagi-bagi menurut bidang yang mereka senangi. Di COS sendiri begitu panggilan singkat organisasi ini membagi beberapa bidang keilmuan, seperti bidang Networking dikhususkan bagi anggota yang tertarik belajar dunia jaringan di Open Source. Bagi anggota yang berminat dengan program ada juga Bidang Programing wadah mereka berlatih program yanga ada di Open Source. Yang suka design, Web boleh masuk di Bidang Multimedia.

Organisasi yang dinaungi langsung dari STMIK AKBA merupakan lembaga resmi yang dilindungi oleh Ketua STMIK AKBA dan Wakil Ketua III STMIK AKBA. Bahkan dibimbing juga oleh dosen pembimbing. Tentu dalam organisasi resmi terdapat berbagai peraturan, di COS pun demikian. Peraturan-peraturan yang dibuat tidak bermaksud mengikat setiap anggota melainkan mendisiplinkan setiap aspek mulai dari anggota, program kerja, pelatihan dan hal-hal yang mengenai masyarakat COS sendiri.
Ada yang unik lagi dari organisasi ini yaitu Lambang organisasi mereka seekor pinguin. Pinguin sendiri merupakan icon dari Open Source. Yuk definisikan filosofi yang terkandung dari lambang organisasi COS.

5 gir memaknakan 5 jurusan yang berada pada STMIK AKBA, yaitu;
• warna hijau memaknakan jurusan Sistem informasi
• warna merah memaknakan jurusan teknik komputer
• warna kuning memaknakan jurusan komputerisasi akuntansi
• warna biru muda melambangkan jurusan teknik informatika
• warna biru tua memaknakan jurusan manajemen informatika
• warna abu-abu memaknakan warna persatuan UKM-IT COS
gambar pinguin berdasarkan maraknya sistem operasi berbasis free, maka dari itu organisasi ini memilih untuk menggunakan linux.
Cyber open source adalah nama Organisasi ini.
Demikianlah sekelumit tentang organisasi Cyber Open Source.
Kunjungi Kami di cyberopensource.org
Demikian Review Cyber Open Source (COS) STMIK AKBA, Semoga bisa Bermanfaat Buat Teman-Teman Terutama Untuk Mahasiswa STMIK AKBA 
Share on :
Bookmark and Share
| December 20, 2012 | 0 Komentar

0 Komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik, Mari kita Jalin Tali Silaturrahmi yang erat sesama blogger dan Pembaca Setia Agungjie's Blogs
dan Terima Kasih telah Berkomentar.